Produk

1. Type EKONOMIS

Rp. 5,2 Juta

Spec:

– Harga paling terjangkau

– Ukuran 65x65x190 cm

– Berat 65 kg

– Pakai lampu – tanpa neon box

– Dilengkapi Roda Castor

– Listrik 10 watt

2. Type STANDARD

Rp. 5,5 Juta

Spec:

– Design stylis dengan NEON BOX

– Ukuran 65x65x190 cm

– Berat 70 kg

– Pakai lampu neon box

– Dilengkapi Roda Castor

– Listrik 10 watt

3. Type KIOS

Rp. 6,5 Juta

Spec:

– Utamakan “Keamanan” – Bisa Dikunci(Untuk daerah rawan pencurian, paling cocok memakai type ini).

– Ukuran 65x65x190 cm

– Berat 75 kg

– Pakai lampu – dengan neon box

– Dilengkapi Roda Castor

– Listrik 10 watt

4. Type DIGITAL STYLIS

Rp. 10 Juta

Spec:

– SYSTEM CANGGIH sepert di “POM BENSIN”

– Bisa diatur Volume nya.

– Bisa dicek penjualannya (karyawan tdk bisa

curang)

– Ukuran 75x85x180 cm

– Berat 90 kg

– Listrik 125 watt

5. Type DIGITAL – MINIMALIS

Rp. 8 Juta

Spec:

– SYSTEM CANGGIH sepert di “POM BENSIN”

– Bisa diatur Volume nya.

– Bisa dicek penjualannya (karyawan tdk bisa curang)

– Ukuran 75x85x160 cm

– Berat 85 kg

– Listrik 125 watt

6. Type DIGITAL – 2 NOZZLE STYLIS

  Rp. 18 Juta

Spec:

– SYSTEM CANGGIH sepert di “POM BENSIN”

– Bisa diatur Volume nya.

– Bisa dicek penjualannya (karyawan tdk bisa curang)

– Ukuran 130x85x180 cm

– Berat 150 kg, Dilengkapi Roda Castor

– Listrik 250 watt

——————————————————————
Analisis Modal Usaha
Disini saya akan menganalisis berapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini dengan menggunakan Pertamini Manual Biasa atau yang paling murah.

  • 1 unit pertamini harga Rp. 5.800.000.
  • Bensin 200 liter harga per liternya yaitu 7.500 maka 200 x 7.500 = 1.500.000.
  • Alat pemadam kebakaran 140.000.
  • Surat izin usaha 300.000.

Maka total modal yang diperlukan yaitu sekitar Rp. 7.740.000 (tujuh juta tujuh ratus empat puluh ribu rupiah)

Analisis Keuntungan atau Omset

Harga bensin yang Anda beli di SPBU per liter 6.550 dapat Anda jual seharga 7.550 jadi keuntungan per liter Anda akan mendapatkan 1.000. Apabila dalam sehari mampu terjual 200 liter maka keuntungan yang didapatkan perhari yaitu sebesar Rp. 200.000, berarti dalam sebulan Anda dapat mengantongi keuntungan sebesar Rp. 6.000.000.

Analisa Bisnis Jual Bensin Pertamini

– Jenis BBM : Pertalite

– Asumsi penjualan : 200 liter/hari (rata-rata dari pengalaman para penjual)

– Harga Beli saat ini : Rp. 7050 / liter

– Harga Jual : Rp. 8500 / liter

– Margin : Rp. 1450 / liter

– Margin/Bulan : Rp. 1450 x 200 x 30 = Rp.8.700.000,- / bulan

 

BALIK MODAL KURANG DARI SEBULAN…BUKTIKAN…!!!

 

Cara Membuka Usaha Pertamini

Dalam membuka usaha ini Anda tidak diperbolehkan membukanya secara langsung karena untuk memulainya Anda harus memiliki surat izin usaha terlebih dahulu kepada Dinas Perindustrian. Berikut ini akan saya jelaskan secara lengkap langkah-langkahnya.

 

Membuat Surat Izin Usaha Pertamini

Untuk membuat surat izin usaha pertamini caranya sangatlah mudah Anda tinggal menghubungi pihak RT/RW, Desa, Kecamatan, Pihak kepolisian setempat, lalu Anda minta persetujuan dari pihak SPBU nanti pihak SPBU akan memberikan formulir yang harus Anda isi, terakhir formulir tersebut diserahkan kepada Dinas Perindustrian untuk meminta persetujuan, biasanya dalam jangka waktu kurang dari satu minggu Anda sudah mendapatkan izin usaha bensin eceran.

 

Surat izin tersebut berfungsi agar ketika Anda membeli bensin di SPBU untuk dijual eceran berapa liter pun yang Anda butuhkan petugas SPBU akan melayani, tetapi sebaliknya apabila Anda tidak mengantongi surat izin maka pihak SPBU tidak akan menjual bensin dalam jumlah banyak. Hal ini sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu mengenai larangan menjual BBM ke dalam jarigen dalam jumlah banyak kecuali sudah mengantongi surat izin dari Dinas Perindustrian.

 

Tips Agar Usaha Pertamini Anda Laris

Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips supaya usaha Anda berjalan dengan lancar dan laris diserbu pembeli.

 

  1. Jangan membuka usaha ini di dekat SPBU resmi. coba bayangkan jika Anda seorang pembeli bensin di lokasi tersebut ada penjual bensin pertamini dan SPBU resmi, mana yang Anda pilih? Pasti orang akan memilih membelinya di SPBU karena SPBU resmi sudah memiliki kredibilitas yang cukup tinggi dan tingkat kepercayaan pembeli tidak sudah tidak diragukan lagi karena SPBU resmi dari pertamina.

 

  1. Pilih Lokasi Usaha yang Strategis. Memilih lokasi yang strategis memang bukanlah perkara mudah terlebih jika rumah Anda berada di tengah-tengah penduduk yang masih jarang menggunakan kendaraan bermotor tentu Anda haru menyewa tempat usaha seperti ruko dan lainnya, yang terpenting Anda membukanya di lokasi yang banyak dilalui kendaraan seperti di pinggir jalan raya dan perempatan. Apabila Anda ingin membukanya di pedesaan pilih lah desa yang sudah memiliki jalan aspal atau coran dan penduduknya sudah banyak yang memiliki kendaraan bermotor biasanya di pedesaan masih jarang orang yang membuka usaha ini tentu ini akan menjadi kesempatan bagus bagi Anda.

 

  1. Jangan mematok harga terlalu tinggi. Harga yang terlalu mahal bisa membuat pembeli memilih tempat lain yang harganya lebih murah pasti semua orang akan memilih harga yang murah daripada yang mahal kan untuk usaha ini minimal anda mengantongi keuntungan 500 – 1000 rupiah saja per liter.

 

  1. Berikan Pelayanan Terbaik. Kualitas pelayanan memang sangat penting untuk membuka sebuah usaha. Singkat cerita, di desa saya ada SPBU resmi hampir sama dengan SPBU lainnya yang membedakannya semua pegawainya yaitu wanita yang baru lulus sekolah mereka melayani pembeli dengan sangat ramah dan murah senyum dan juga mereka suka bercanda dengan pembeli, alhasil setiap kali saya membeli bensin ke SPBU tersebut saya perhatikan pembelinya selalu padat padahal pada jarak sekitar 2KM ada juga SPBU lain tetapi yang menjaganya pegawai laki-laki. Hal tersebut mungkin salah satu strategi yang mereka terapkan di SPBU nya, Nah ini membuktikan bahwa pelayanan yang baik dapat meningkatkan penjualan.
  2. Selalu Perhatikan Keamanan Tempat Usaha Anda. Pastikan tempat Anda membuka usaha ini jauh dari benda-benda yang dapat menimbulkan percikan api, karena bensin sangat mudah terbakar oleh karena itu selalu perhatikan setiap sekeliling tempat penyimpanan bensin supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.7. Target Utama Pasar Usaha Pertamini. Target utama usaha ini yaitu pengguna kendaraan bermotor, seperti yang telah kita ketahui jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun selalu meningkat penggunanya pun tidak memandang usia mulai dari anak-anak sampai orang tua nah apabila tidak ada bensin maka kendaraan bermotor tidak akan jalan hal ini menjadikan bensin merupakan kebutuhan pokok bagi pengguna kendaraan bermotor.Demikian artikel kali ini semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memulai usaha pertamini. Jangan lupa terus berusaha dan berdoa agar hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan.